Kamis, 26 Januari 2012

Mengenal Jurnalistik (1)


Jurnalistik berasal dari akar kata bahasa latin diurnis, yang kemudian menjadi diurnalis, yang artinya harian. Jadi pengertian umum meneganai jurnalistik yang akan dibicarakan adalah pekerjaan yang memiliki sangkut paut dengan pengumpulan, penulisan dan penyuntingan berita mengenai suatu peristiwa yang menjadi perhatian masyarakat, untuk disajikan dalam media surat kabar, radio atau televisi.

Jadi unsur-unsur kegiatannya meliputi :
a.      Pengumpulan atau pencarian
b.      Penulisan
c.       Penyuntingan (editing-termasuk di dalamnya pemerkaryaan tulisan itu)

Oleh orang-orang pers, kegiatan ini termasuk dalam lingkup teknik-teknik dasar tentang penulisan berita dan penyuntingan atau istilah yang lazim juga digunakan adalah news writing dan editing. Didalamnya mencakup teknik lead dan anatomi berita. Mengenai hal tersebut akan dibicarakan lebih lanjut pada pembahasan materi selanjutnya.

Disebutkan diatas, rangkain kegiatan itu harus mengenai suatu peristiwa yang menjadi perhatian masyarakat. Pertanyaan selanjutnya adalah, apa saja peristiwa menarik perhatian masyarakat itu? Inilah yang sering disebut orang dengan peristiwa yang memiliki nilai berita atau dalam dunia jurnalistik lebih dikenal sebagai news value.

Secara garis besar, peristiwa atau fakta yang dapat menarik perhatian masyarakat ditentukan oleh :
a.      Aktualitasnya
b.      Jarak antara tempat kejadian dengan pembaca (semakin dekat semakin menarik perhatian)
c.       Tempat terjadinya peristiwa atau ditemukannya fakta
d.      Isi beritanya

(bersambung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar